CINTA KEKINIAN(Dosa besar sastrawan,TV ,pujangga,film dan operator seluler yg melancholia)

Jika berbicara cinta, tak akan ada habisnya sampai cinta itu menemukan kembali sosok manusia untuk dihinggapinya lagi dan pergi lagi entah kemana untuk mencari jiwa yang sepi hoho. Semua pernah merasakan cinta,mau muda atau tua, baik itu untuk orang tua, keluarga ataupun lawan jenis tetapi dalam hal ini penulis lebih fokus terhadap cinta lawan jenis biar lebih seru. Dalam mengenal cintapun berbeda ragam, mulai dari film, puisi, teman ke teman ataupun hal-hal yg sering mengumbar-umbar kata cinta dan kasih sayang yang berujung kebahagiaan…so sweett..kalaupun berakhir bahagia.

Pergeseran makna cinta dan embel-embelnya pun sekarang sudah berubah oleh zaman, yahh tiap zaman pasti berbeda rasa begitupun dalam hal mencintai. Kita ditunjang mencari pasangan yang cantik/gagah, putih mulus, hitam manis, rambut panjang maupun sudah berbentuk sosis seperti yang sering kita lihat di iklan komersial di TV, lucu, pintar, banyak uang yang bisa dibanggakan dan bisa dibawa ke arisan hiks hiks. Walaupun saya pribadi belum tau bagaimana cinta itu sebenarnya, rasanya bagaimana, cara memandangnya bagaimana, cinta suci itu yang bagaimana? Saya sendiri belum mengetahuinya, cuman saya melihat adanya komersialisasi dan keLEBAYan dalam hal percintaan yang telah dibuat, dikokohkan, dan di sugesti oleh pujangga,film,media dan lain-lain yang penulis sudah tulis di judul diatas. Oke penulis akan menjabarkan hal tersebut dalam beberapa proses percintaan sebagai berikut :

  1. KASMARAN/PDKT

Kasmaran adalah proses dimana insan manusia menemukan kehangatan dalam dadanya ketika melihat orang dia sukai yang ia cintai dan sayangi, sampai-sampai makanpun susah, tidurpun susah, semua serba cinta yang bergelora. Kasmaran kita sudah diatur loh, sudah ditata rapi bahwa kasmaran yang baik adalah yang berasal dari film walaupun ada juga dari cerita teman itupun dali film juga ia tontonnya, kita di sugesti untuk kasmaran sambil dengar-dengar lagu cinta kayak di film-film itu loh, sms/nelpon kayak di film, habiskan waktumu anak muda!!!. Dan operator selulerpun sekarang berlomba-lomba membantu si kasmaran ini untuk memuaskan hasratnya untuk menjamah perasaan si lawan jenis lewat bias suara maupun surat digital, OPERATOR SELULER : ayooo beli paket ini sekarang juga niscaya kamu akan diterima, perbanyak sms mu untuk dia bahwa itu adalah bukti rasa cintamu…ayoo jangan ketinggalan dengan orang-orang disekitarmu. Itulah mungkin yang dibahasakan operator seluler kepada kita, habiskan uangmu untuk merangkul hati sang lawan jenismu . yahh begitu banyak lelaki/perempuan yang kita liat menghabiskan waktunya untuk sms/menelpon sang lawan jenis, mulai dari 5 menit lama-lama 1 jam, lama-lama 2 jam, dan akhirnya nelpon sampai subuh, jika ditotal dalam sehari calon pasangan anda menghabiskan Rp.3000 itu sudah termasuk sms dan paket nelponnya, jika di total dalam seminggu ada Rp.21.000, baguspun kalo dalam seminggu sang kasmaran ini bisa menggaet hati idolanya,bagaimana kalo 2 minggu? 1 bulan? Atau 1 tahun?haha. Walaupun ada juga sih operator yang memberikan jasa sms/telpon gratis..tapi menurutku, itu juga dibeli oleh pulsa. Itupun belum termasuk dengan biaya paket bbm, modem, untuk chat di social media,facebook,twitter,line atau apalah haha…wah wah..untuk kasmaranpun kita harus punya duit, sungguh sial cinta ini diperdagangkan oleh operator seluler dan sugesti-sugesti dari luar bahwa jika kau cinta buktikan dengan sms/nelpon dan chat di social media.

  1. HUBUNGAN SPESIAL (PACARAN)

Pacaran oh pacaran, suasana hati senang setiap hari, tidak lagi menghangatkan dada, tapi membuat dada susah bernapas dengan cinta dan rindu yang penuhi jiwa raga ini, mata bersinar dan tajam, senyum ceria tak pernah ketinggalan, perasaan bahagia menyelimuti jiwa..oh hubungan indah nan sejuk, semua orang terbuai olehnya, semuanya lupa karnanya, dan kebanyakan orang merana oleh karna tingkahnya haha. Waktu terasa cepat berlalu, raga masih ingin bertemu apadanya hanya bisa menghasilkan rindu…rindu oh rinduku untuk pasanganku yg kucintai selamannya wahai subaedah….yahh itulah secuil kata dan perasaan ketika seseorang merasakan api asmara dalam raga dan jiwanya semakin menyala, dipercikan rindu karna jauh, semua orang merasakannya, tapi yang menjadi permasalahan bahwa rasa,rindu,cinta itupun sudah di poles indah oleh FILM dan pujangga dan sastrawan walaupun hampir sama juga sih pujangga dan sastrawan. Di film-film kita bisa menjumpai adegan dimana “ketika sepasang kekasih dilanda cinta maka hal yang harus di lakukan adalah bertemu, mau dimanapun akan terasa indah” bertemu di Mall,bioskop, kost, rumah pasangan mulai aktivitas ciuman, begituan dll. Habiskan uangmu untuk nonton di bioskop, jalan-jalan kesana kesini, ke Mall beli pakaian, ke kafe traktir pasangan untuk sekedar menghabiskan rasa rindu setelah beberapa jam tak bertemu.

Pacaran pun tak berbeda dengan kasmaran/PDKT kita masih di atur untuk menelponnya setiap hari, menanyakan kabarnya, posisinya atau apapun itu asalkan untuknya bahagia,aktivitas nelpon pun sudah bertambah durasi waktunya, jika dulu Cuma laki-lakilah yang sering nelpon maka dalam aktivitas pacaran satu sama lain gantian untuk saling menanyakan kabar, membahas hal-hal yang beberapa jam ia kerjakan, serta curhat tentunya.

Suasana pacaranpun sering menghasilkan rindu yang terbatasi karna waktu, hari ini pun kita ketemu, berpisah pun tak mau, mau tak mau rindu itu pun hadir di sekian waktu, sering dulu melihat sastrawan atau dia yang mengakui sang filsuf cinta ataupun pujangga mengatakan : rindu aku, rindu untuk bertemu, hadirmu kutunggu adindaku, sehari berasa satu tahun lamanya, makan tak nafsu, walaupun ketemu kita sama-sama bernafsu haha…di film-film juga mengajari kita kalau lagi rindu, dengarlah lagu tentang rindu, nangis sepanjang waktu, galau tak berlalu-lalu, dan kebanyakan orangpun melakukan aktivitas itu semua, semua sudah tersugesti bahwa rindu itu sangat pedih, mengiris hati, sakit dan penuh penderitaan haha..bagi saya semuanya sih lucu, orang semua terbawa oleh film bahwa rindu itu begini-begitu,sakit tak bertepi padahal dulu nabi ADAM tak bertemu HAWA selama beberapa ratus tahun tak pernah galau-segalaunya,rindu-serindunya,sakit tiada tara, yang hanya akan tersembuhkan jika bertemu, aktivitas nelpon dan apapun itu yang membusuk disana sini. Bersyukurlah nabi ADAM dan HAWA tak pernah melihat film cinta-cinta, sastrawan dan pujangga…saya tak bisa membayankannya .

Di era sekarang ini, laki/perempuan sudah seperti hewan/binatang yang melatih insting dan kepekaannya pada pasangannya hehe, Tag linenya adalah : “karna cowo yang peka itu baik”, entah darimana asal muasal pengaruh itu, tapi sekarang itu menjadi jurus terbaik untuk menilai cinta dari pasangannya, buat status kode di social media, buat status membingunkan di social media untuk dipecahkan oleh pasangannya dan jika pasangannya tak peka atau tak tau menau makna dari itu maka ngambeklah sang pemberi kode, mungkin kita hidup hanya untuk memecahkan kode hehe berasa HACKER saja jadinya. Saya yang gila atau dunia ini yang terlalu lucu untuk di amati, dengan berserakannya hal-hal yang menurutku terkonstruk oleh media tapi menjadi hangat dan indah untuk dicoba. Kembali ke kode-kodean, jika kode tersebut tak dipecahkan dengan baik oleh pasangannya, maka seperti yang ada diatas adalah jawabannya yahh NGAMBEK, dan aktivitas ngambek pun sangat seru untuk dibahas, di era se maju ini “ngambek-ngambekan” adalah hal yang lumrah di dunia kita, bisa kita jumpai di social media, begitu banyak ekspresi,kekecewaan yang terlontar di social media (walaupun penulis sempat juga melakukannya hehe peace [itupun belum sadar tentunya]), bagiku ini seperti dunia sinetron versi dunia maya, satu sama lain berbalas status di sana sini, bangga dengan masalah dan aib yang ia ceritakan sampai jelas dan tuntas, dan apa yang membuatnya lucu?? Yahh proses ngambek juga pun mengahasilkan kode-kodean (what the hell haha) berasal dari kode dan kembali lagi menjadi kode..yah mirip-mirip buku spiral kekerasan karya Dom helder Camara,tapi yang ini adalah spiral kode-kodean karya anak bangsa, slogan terbaik masa ini adalah KODE atau mati, karna kepekaan adalah hak segala pasangan untuk pasangannya. Hidup KODE hidup KEPEKAAN !!!

Ultah, hari dimana seseorang yang kita cintai berulang tahun, dan menjadi momok menakutkan bagi seseorang yang tak punya duit banyak, karna cinta harus dibuktikan oleh membeli boneka besar, Tas mahal, sepatu, kue Tar atau apapun itu yang mahal, dan tentunya juga dari Film yang lihatnya selama ini…katanya sih romantis atau apalah, bahkan untuk membahagian orang yang kita sayangi harus mengeluarkan duit..walaupun tidak semua sih tapi tunggu saja tanggal mainnya haha.

Aktivitas cinta tak sampai disitu, jika kita melihat di FTV atau di film-film, seorang pembatu dari desa pergi ke kota dan pacaran dengan majikannya dan akhirnya berakhir bahagia -the end-, yahh dan tentunya sangat berbeda dengan apa terjadi di realitas sekarang, Pacar yang menjadi pembantu tentunya, banyak kita jumpai tukang ojek keliling yang mengantar kesana kesini pasangannya atas dasar cinta, atas nama keangungan cinta dan atas nama kebesaran cinta serta ketulusan….Masyallah ustadz hahaha, bukan cuman itu, ada juga kok yang merangkak menjadi pembatu seks bagi pasangannya, setelah diantar kesana-sini, akhirnya waktu itu telah tiba bagi si tukang ojek untuk memetahkan tubuh sang pelanggan setia..spiral pembantu namanya brooo, aku mungkin salah dan naif jika membahas aktivitas seseorang karna itu adalah hak setiap orang melakukan apapun untuk kepuasannya tapi kupikir jika ada hak untuk berbuat maka ada juga hak untuk mengomentari.

  1. PUTUS CINTA(Akhir Dunia)

Putus cinta kita bisa ber hastag #Akhir dunia #Makan tak bernafsu #Kiamat kecil #Nangis sepanjang hari #Semangat tak ada lagi #DLL. Putus cinta itu ibarat ketika harapan tak sesuai dengan kenyataan, ketita kebagiaan yang dulu dibangun nyata menjadi serpihan dusta yang terhampar di dunia maya hehe…lanjut bro, lagi-lagi aktivitas cinta tak pernah putus oleh hubungannya dengan dunia maya, lagi-lagi dunia maya menjadi tempat atau wadah ekspresi jiwa yang rapuh dan labil, bikin status alay, bangga dengan masalahnya yang di ketahui orang banyak, dan sekian kali lagi saya harus bilang KODE-KODEAN, dan karna tingkat kePEKAan seseorang berbanding lurus dengan cintanya dengan pasangannya.

Pernah liat film cinta? Yang ketika adegan putus cinta, dia tak mau makan, sedih, dengar lagu sedih, nangis sepanjang hari, merana, karna semakin mengingat memori indah bersama dia, kita semakin rindu dan sedih. pernah dengar syair-syair cinta? Puisi cinta? Ketika harus putus denganmu maka berhentilah juga detak jantungku, karna engkaulah nyawa dalam hidupku, engkaulah pelipur laraku, tanpa engaku aku tak bisa membanyankan hidup di dunia ini haha…iya pernah dengar??. Dan hebatnya manusia tersugesti tentang apa yang dilakukan oleh penyair itu, akting dari artis itu, ikut merasakan kesedihanyya dan akhirnya ….GALAU dan mengikutinya hehe.

Jika peran film dan sang pujangga telah berhasil, maka tugas operator lagi yang beraksi, maka operator selulerpun berkata : wahai engkau yang lagi galau, telpon mantan kekasihmu, buktikan bahwa kau masih mencintainya karna aku mempunyai paket untuk membantu masalahmu hehe. Dan satu sama lain menulis status rindu, status tentang masa indah dulu dan dengan kode tentunya, dengan hal-hal yang bersifat kabur di dunia maya.

Hal yang unik dalam dunia perputusan adalah…Saling kejar mengejar haha, jika satunya yang mengejar maka yang dikejarpun sok mahal dan begitupu sebaliknya dan begitu sampai mati, sampai tak ada yang terjadi hehe. Entah pengaruh darimana sehinga masa kejar mengejar itu ada, akan ada waktu dimana mereka saling rindu yang tak terjadi bersamaan, jika satunya rindu yang satunya tidak, begitu juga sebaliknya..munurutku sih gara banyaknya basa basi keEGOISan hehe.

Akhir kata dari penulis yang sudah capek untuk mengurusi hal-hal yang tak penting seperti ini, bahwa cinta yang engkau kenal sudah diatur, dikelolah dengan seindah mungkin, walaupun sebenarnya saya tak tau bagaimana arti cinta itu, kemurnian cinta itu, dan keagungan cinta itu sebenarnya. Banyak yang telah dilakukan oleh TV,FILM,PUJANGGA/SASTRAWAN CINTA dengan syair-syair galaunya, dan OPERATOR SELULER dengan paket murah meriahnya untuk mengatur sedemikan rupa bentuk dan embel-embel cinta tersebut..secara langsung maupun tidak. Kenalilah cintamu sendiri dengan banyaknya konstrukan, dari konstruk-konstruk mainstream yang datang, karna semua pilihan adalah hasil konstrukan dan kita sebagai individu mempunyai hak memilih yang baik atau tidak dan itu semua bukan sebuah proses botol kosong yang di isi tapi saling mengisi satu sama lain. –end-

OLEH : Makepunk (Pengamat hal yang tidak penting), dan penulis sekarang sibuk dengan tidak mengurusi diri dengan hal penting serta penulis juga alumni Sekolah Luar Biasa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s